Senin, 11 November 2013

Green Flash

Green Flash dan Green Rays (sinar hijau) adalah fenomena optik yang terjadi segera setelah matahari terbenam atau sebelum matahari terbit, ketika sebuah titik hijau terlihat, biasanya tidak lebih dari satu atau dua detik, di atas matahari, atau mungkin menyerupai sinar hijau yang melesat dari posisi matahari terbenam.



Green Flash adalah sekelompok fenomena yang berasal dari penyebab yang berbeda, dan sebagian lebih umum terjadi dibanding yang lain. Green Flash dapat diamati dari ketinggian (bahkan dari pesawat terbang). Mereka biasanya terlihat di cakrawala yang tidak terhalang, seperti di lautan, tetapi mungkin bisa saja terlihat di atas puncak awan dan juga puncak gunung.


Sebuah Green Flash juga teramati berkenaan dengan Bulan dan planet terang di cakrawala, termasuk Venus dan Jupiter



Alasan terjadinya fenomena optik Green Flash terletak pada pembiasan cahaya (seperti dalam prisma) di atmosfer: cahaya bergerak lebih lambat di udara rendah yang lebih padat daripada di udara tipis di atas, sehingga sinar matahari mengikuti jalan yang sedikit melengkung, dalam arah yang sama dengan kelengkungan bumi. Cahaya frekuensi tinggi (hijau / biru) akan lebih melengkung dibanding cahaya frekuensi rendah (merah / oranye), jadi sinar hijau / biru dari tepi atas matahari tetap akan terlihat setelah sinar merah/orange terhalang oleh kelengkungan bumi.


Green Flash diperkuat/diperjelas dengan fatamorgana, yang meningkatkan gradien densitas di atmosfer dan oleh karena itu, meningkatkan pembiasan. Sebuah Green Flash lebih mungkin terlihat di udara cerah, karena cahaya dari matahari mencapai pengamat tanpa dihamburkan. Blue Flash tidak terlihat karena cahaya biru tersebar keluar dari garis pandang.


Dengan sedikit perbesaran lingkaran hijau di atas matahari dapat dilihat pada sore hari yang cerah saat matahari terbenam, meskipun efek flash atau sinar memerlukan lapisan kuat dari atmosfer dan fatamorgana, yang berfungsi untuk memperbesar sinar hijau dari satu detik ke beberapa detik.










Sumber : http://versesofuniverse.blogspot.com/2011/09/green-flash.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar