Senin, 11 November 2013

Brocken Spectre

 
Fenomena ini muncul jika cahaya matahari berada di belakang orang/pendaki, lalu pendaki itu melihat ke bawah atau ke arah kabut, maka akan tampak bayangan yang biasa disebut spectre. Fenomena Brocken merupakan salah satu fenomena alam dimana cahaya matahari dibiaskan oleh awan atau kabut sehingga di sekitar bayangan orang yang berdiri membelakangi sinar tersebut akan tampak aura seperti pelangi. Dinamai demikian karena fenomena ini sering terlihat di gunung Brocken, Jerman, disebut juga dengan monster brocken karena pemandangan aneh yang dihasilkannya.
 
kisah lainnya :
Seorang pendaki di Polandia telah mengambil foto menakjubkan yang tampaknya seperti sosok hantu yang muncul dilangit
yang di ambil pada waktu fajar di pegunungan Tatra,

pada awalnya orang2 akan mengira itu bayangan raksasa atau mahluk penunggu gunung,namun seiring perkembangan ilmu pengetahuan,fenomena misterius ini akhirnya terpecahkan


sebenarnya itulah apa yang dikenal sebagai 'broken spectre'

broken spectre adalah sebuah fenomena yang terjadi ketika ada matahari yang rendah bersinar belakang seseorang melihat ke bawah ke dalam kabut dari punggungan dengan bayangan mereka diproyeksikan ke depan.
bisa di bilang mirip seperti fenomena pelangi,
dan Ilusi ini dapat muncul pada setiap gunung yang berkabut.
 
 
Ini contoh yang menakjubkan dari 'Brocken spectre' terlihat di pegunungan Tatra di Zakopane, Polandia


Bayangan itu terbentuk karna cahaya matahari menembus tetesan air yang menetes di belakang objek,sehingga memproyeksikan cahaya penuh warna pelangi di antara bayangan objek yang menjadi bayangan atau sering juga di sebut difraksi cahaya.
fenomena ini pertama kali ditemukan penampakan awalnya di puncak tertinggi Pegunungan Harz Jerman.
lseorang Ilmuwan Jerman bernama Johann Silberschlag lah yang pertama kali mengamati fenomena itu pada tahun 1780,dan mempublikasikan.

sejak itu fenomena ini makin di kenal dan makin banyak orang ke puncak gunung itu hanya untuk sekedar mengabadikan momen2 indah itu.

inilah beberapa fenomena menakjubkan ini yang telah di abadikan manusia.
 

Nah fenomena alam ini muncul di komik detektif conan volume 63 :D
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar